Keistimewaan-Penting-dari-Hari-Raya-Idul-Adha

Keistimewaan Penting dari Hari Raya Idul Adha

Perayaan hari raya kurban Idul Adha dimulai dari ceritanya Nabi Ibrahim AS. Tentunya sejarah ini pun sudah dituliskan dalam Al Quran pada surat AS Shoffat 102.

Pada saat itu nabi Ibrahim bermimpi untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS. Kemudian anaknya menjawab, silakan kerjakan apa yang diperintahkan Alloh kepadamu. Sehingga Alloh akan menggolongkanku sebagai orang-orang yang sabar.

Pada awalnya nabi Ibrahim mengira kalau perintah itu datangnya dari setan, jadi bukan dari Alloh.

Namun ternyata anggapan tersebut salah karena nabi Ibrahim mendapatkan perintah yang sama sebanyak 3 kali.

Ketika sudah mendapatkan kepastian kalau itu perintah dari Alloh maka dengan ikhlas dan sabar, nabi Ibrahim AS akhirnya menjalankan perintah tersebut.

Ketika nabi Ibrahim dan nabi Ismail sudah ikhlas untuk menjalankannya maka ketika itu Alloh mengganti Ismail yang awalnya dikorbankan diganti menjadi domba.

Nah dari cerita inilah akhirnya seluruh umat Islam menjadikannya menjadi hari raya Idul Adha.

Sehingga dari cerita ini kita bisa mendapatkan pembelajaran penting tentang maknanya hari raya Idul Adha.

3 Keistimewaan Hari Raya Idul Adha

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 3 keistimewaan dari hari raya Idul Adha. Penasaran? Berikut ini penjelasan dari agen jual sapi kurban :

  1. Ketakwaan

Keistimewaan dari hari raya Idul Adha adalah ketakwaan. Jadi ketakwaan di sini adalah keterkaitan seorang hamba dengan Alloh SWT dalam menjalankan semua perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Sehingga dalam Agama Islam telah mengemas kehidupan manusia ini seimbang antara dunia dan akhiratnya.

Sehingga untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang terbaik maka kita harus melalui kehidupan dunia untuk mengumpulkan amal kebaikan dan takwa kepada Allah

  1. Hubungan antar manusia di dunia

Ibadah kepada Alloh merupakan salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan antara hubungan langsung dengan Alloh dan hubungan dengan sesama manusia.

Sehingga kita sebagai umat manusia harus tetap memperhatikan solidaritas dalam kehidupan sosial.

  1. Meningkatkan kualitas diri

Kemudian keistimewaan dari hari raya Idul Adha adalah untuk meningkatkan kualitas diri, kesadaran diri, dan mengelola diri untuk lebih baik.

Jadi sebenarnya pada hakikatnya manusia itu sama dan yang membedakan adalah ketakwaan.

Demikianlah penjelasan mengenai keistimewaan hari raya kurban. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang hari raya Idul Adha yang penuh dengan makna kehidupan.

__Posted on
June 4, 2020
__Categories
Ibadah Kurban

Author: computer software programs